3都市の春節 - Tahun Baru Imlek di 3 Kota

シェアする - Bagikan:
《日本語》
昨日は春節でしたね。
僕は日本、ジャカルタ、バリそれぞれ春節の過ごし方が違い面白いと思いました。


*日本
爆竹がうるさい。
中華街に行くと中国人が春節を祝い喜んでいるのがよくわかります。中国舞踊や獅子舞が踊っていたりと、日本人はもちろん外国人のぼくも共に春節を祝い楽しめます。

*ジャカルタ
爆竹がうるさい。
春節の前になると、モールはパーティードレス売り場の敷地が一気に広がります。ジャカルタに住む富裕層がドレスを着てパーティーをするのだろうと思います。レストランでは、ドレスを着た中国人が家族、親戚、友人たちと春節を祝い食事をしてるのをたくさん見かけました。

*バリ島
爆竹はあまりない。ホテルが花火をあげるくらい。
ジャカルタほど春節熱はないバリ島であるが、ホテルやレストランでは、赤い提灯が飾られイベントが行われている。中国人が大型バスでバリ島旅行を楽しんでいる姿によくあう。

3都市それぞれの春節の過ごし方がある。それぞれの都市での中国人のお祝いを見ることができた。日本で仲良くしてくれた中国人が春節にふるまってくれた、手作り餃子は本当に美味しかった!



今日の一言・教訓
「んっんっんあー いっおっんあー いっんっんー あーみん!!!」

娘が息子のお祈りを聞いて覚えたお祈り。(本人は「bismillah hirohman nirohim」と言ってるつもり。)娘!すばらしい!!!

↓応援クリックお願いします‼︎
にほんブログ村 海外生活ブログへ にほんブログ村 海外生活ブログ バリ島情報へ にほんブログ村 旅行ブログ バリ島旅行へ 人気ブログランキングへ

仕事しよ ⬇

ジュイタ・バリ島Web制作
http://juita.net

《Bahasa Indonesia》
Kemarin adalah hari Tahun Baru China (imlek).
Saya merasakan perbedaan yang menarik cara merayakan tahun baru china di masing-masing kota di Jepang, Jakarta dan Bali.

*di Jepang
Berisik dengan suara petasan.
Kalau kita pergi ke Chinatown, kita akan merasakan kemeriahan penuh kebahagian perayaan tahun baru china yang dimeriahkan oleh orang-orang China. Orang Jepang juga tentunya, serta orang pendatang asing seperti saya pun bisa ikut merasakan kemeriahan perayaan dengan acara tari-tarian dan juga barong-sai dalam tahun baru china tersebut.

*di Jakarta
Berisik dengan suara petasan.
Sebelum hari raya imlek, banyak sekali tersebar penjual gaun-gaun untuk pesta di mall mall. Pastinya orang-orang kaya yang tinggal di Jakarta yang akan mengenakannya untuk berpesta. Di restoran pun banyak sekali terlihat orang-orang China makan dan merayakan tahun baru imlek bersama keluarga, saudara atau bersama teman-teman mereka.

*di Bali
Tidak begitu terdengar suara petasan. Kira-kira terdengar dari daerah perhotelan saja. Di BAli tidak sesemarak seperti di Jakarta, teteapi di hotel-hotel, di restoran-restoran banyak acara-acara dan terpasangkan hiasan lentera merah. Banyak terlihat pelancong dari China berkeliling Bali menggunakan bus pariwisata ukuran besar.

Di ketiga kota ada cara merayakan tahun baru china masing-masing. Saya pernah merasakan perayaan tahun baru imlek di masing-masing kota. Teman baik saya orang China yang ada di Jepang, selalu mengajak dan merayakannya bersama saya, Gyōza (pangsit) buatan tangan mereka benar-benar enak sekali !

Kosa kata・Pelajaran hari ini
「んっんっんあー いっおっんあー いっんっんー あーみん!!!」
「en...en...en..aaa... ih...an..aaa... ih...en...ennn...  a...min !!!」

kata putri saya yang sedang menghafalkan doa yang didengar dari kakaknya yang sedang berdo'a. (menurut putri saya, dia sedang melafalkan "bismillahiromanirohim") Putri saya hebat !!!


Jasa pembuatan Website ⬇

Juita Web Design - Bali
http://juita.net

0 件のコメント